Hot Deal

Minggu, 03 Agustus 2014

Kenali 7 Tanda Peralatan Makan Bayi Yang Sehat


Makanan bayi yang sehat sangat diperlukan dalam masa pertumbuhan si buah hati. Pola makan, gizi, serta kuantitas makanan menjadi faktor penting yang mempengaruhi masa pertumbuhannya. Ibu harus mengawasi serta terus membina si buah hati, serta mencermati berbagai hal, utamanya apa yang masuk ke dalam mulut si kecil.
Salah satu faktor penting yang harus dijaga atau dicermati adalah peralatan makan si kecil. Peralatan makan dan minum perlu mendapat kan perhatian yang lebih, karena peralatan tersebut akan kontak langsung dengan mulut dan pencernaan si kecil. Bila peralatan yang digunakan oleh bunda tidak bersih dan steril, maka bisa jadi terjadi berbagai macam masalah. Baik yang langsung ataupun tidak. Langsung seperti iritasi pada kulit mulut si bayi, dan tidak langsung seperti terjadinya penurunan imun tubuh bayi akibat kuman yang masuk dan hal ini bisa menimbulkan berbagi macam jenis penyakit.             
Begitu pentingnya kualitas, kestrilan serta kebersihan peralatan makan si bayi sehingga ibu perlu memperhatikan dan harus tahu indicator-indikator peralatan makan yang steril. Berikut penulis paparkan mengenai 7 tanda peralatan makan bayi yang sehat.

1.       Letaknya Dapat Dengan Mudah Dijangkau Orang Tua.
Hal ini terkadang dianggap sepele oleh orang tua, namun sebenarnya poin ini penting. Hendaknya peralatan makan bayi diletakkan di tempat yang sesuai inisiatif orang tua. Bisa di dalam lemari makan, bisa di dalam box khusus penyimpanan, ataupun bisa diletakkan di laci kamar. Prioritasnya adalah tempat yang mudah dijangkau oleh orang tua, namun sulit untuk dijangkau anak. Juga tempat yang agaknya jauh dari sinar matahari langsung. Ini cara yang baik untuk menjamin lokasi penyimpanan peralatan makan bayi agar tetap bersih dan steril.
2.       Berada Jauh Dari Jangkauan Hewan Pengerat
Ini adalah salah satu faktor yang penting untuk diperhatikan dalam menjaga peralatan makan si bayi agar tetap steril dan bersih. peralatan makan si kecil hendaknya diletakkan di lemari makan , namun juga kedap dan sulit untuk dimasuki hewan-hewan pengerat, apalagi serangga. Hewan pengerat seperti tikus patut menjadi pertimbangan serius dari bunda,jangan sampai peralatan makan si bayi diularkan kuman-kumandari hewan tersebut. Di tambah serangga terbang seperti lalat juga harus diwaspadai. Simpan peralatan makan si bayi agar tetap higienis dari kuman.
3.       Cuci Sebelum Digunakan
Ini adalah hal wajib dilakukan orang tua sebelum memberi makan bayi kecilnya. Hendaknya peralatan makan si bayi dicuci terlebih dahulu, juga tangan bunda perlu disterilkan. Ini tampak seperti hal sepele. Namun juga harus diperhatikan dengan seksama Karena bisa memiliki dampak buruk, bila bunda lalai mencuci tangan atau mencuci peralatan makan si bayi. Hendaknya bunda mencuci lebih awal setiap pagi semua peralatan makan bayi agar tinggal menggunakannya saja selama satu hari ke depan.
4.       Terbuat Dari Bahan Plastik.
Makanan bayi hendaknya dibuat dari bahan plastik, bukannya logam. Seperti sendok. Peralatan yang menggunakan logam biasanya bisa menyebabkan iritasi ataupun luka di mulut si kecil. Banyak produk peralatan makan bayi yang terbuat da plastik. Silahkan bunda konsultasikan saja langsung dengan market place yang jelas.
5.       Produk Yang Ternama
Hendaknya bunda menggunkan peralatan-peralatan makan bayi yang sudah teruji dan memiliki brand atau nama besar yang bisa dipercaya. Biasanya produk yang demikian adalah poduk terbaik. Meskipun harga tergolong mahal namun tetap, ini semua demi si buah hati.
6.       Tidak Multfungsi atau Digunakan Satu Orang
Hendaknya peralatan makan bayi hanya digunakan untuk satu orang saja. Jangan di double kan untuk si kecil yang lain. Bila bunda memiliki lebih dari satu bayi atau balita, hendaknya memisahkan peralatan makan yang mereka gunakan. Ini untuk menunjang totalitas dari kesterilan makanan dan minuman yang mereka makan.\
7.       Lolos SNI.
Andai bunda tidak mau repot dan mengeluarkan banyak uang demi membeli produk ternama untuk peralatan makan si bayi, bunda bisa membeli peralatan makan bayi dengan merek-merek sederhanan, namun lolos SNI. Untuk pemastiannya, bunda bisa konsultasikan dengan dokter atau suster terkait.
                Itu lah 7 tips untuk memastikan peralatan makan bayi tetap higienis dan steril. Selamat mencoba, bunda!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar